Mixer Roti Dengan Memulai Bisnis Roti

Written By si jenggot on Tuesday, March 12, 2019 | 10:10 AM


Mixer Roti

Kini mixer roti menjadi salah satu alat andalan dalam memproduksi roti. Bagaimana tidak ?, karena mixer roti merupakan alat untuk membuat adonan roti. Melihat bisnis roti yang bisa dibilang sangat menguntungkan dengan kreatifitas dan rasa yang otentik tentunya membuat ramai bisnis roti.



Pemasaran bisnis roti rumahan dapat dijalankan diberbagai tempat karena target pasarnya yang cukup luas tentunya pembaca semua pasti pernah melihat di warung-warung pinggir jalan roti seperti ini dijual dengan beragam rasa seperti coklat, susu, moca dan lain sebagainya. Roti ditawarkan dengan harga bermacam-macam mulai dari 1000 hingga 10 ribuan tergantung ukuran dan macamnya.

Itu ialah salah satu contoh hasil dari produk bisnis roti kelas rumahan ini, umumnya penjual memasarkan rotinya dengan sistim titip jual, setiap hari akan ada petugas bagian datang untuk menghitung jumlah roti yang laku terjual pada hari sebelumnya selain itu mereka juga menyetok kembali jika stok roti di kiosnya mulai berkurang.

Area pemasarannya bergantung dari skala besarnya bisnis pembuatan roti yang dijalankan, jika kemampuan produksi rotinya masih seadanya biasanya jangkauan pemasarannya cuma disekitar tempat pembuatannya, armada yang digunakan untuk berkeliling pun cukup menggunakan kendaraan roda dua seperti motor ataupun sepeda.

Bila bisnis pembuatan roti rumahan yang telah berskala lumayan besar, jangkauan penjualan mereka biasanya lebih luas karena daya produksi rotinya pun lebih besar, armada yang diperlukan untuk pemasaran biasanya dapat berupa kendaraan roda empat, bisnis pembuatan roti dengan skala seperti ini bahkan pemasarannya sudah mampu menjangkau luar kota.

Step Memulai Bisnis Roti Rumahan
Bila anda tertarik dengan bisnis roti rumahan hal pertama yang harus Anda persiapkan ialah keahlian atau keterampilan cara membuatnya baik itu dimiliki sendiri ataupun dengan merekrut orang yang kompeten dibidang pembuatan roti.

Selanjutnya siapkan berbagai alat penunjang berupa mesin dan peralatan produksi lainnya, dalam menyediakan mesin inilah yang paling menghabiskan banyak dana usaha karena harga tiap mesinnya cukup mahal, diantaranya yang biasa dipakai adalah:

l Mixer, yang berguna untuk membentuk adonan utama pembuatan roti.
l Mesin Proofer atau lemari pengembang roti, berguna untuk melancarkan proses pemekaran adonan roti sebelum masuk oven.
l Dough Divider, atau mesin pembagi adonan. Fungsinya adalah untuk membentuk dan memecah adonan roti agar ukurannya sama rata.
l Oven, berguna untuk memanggang sebagai langkah akhir dalam pembuatan roti.

Tentunya juga dengan peralatan pendukung lain yang juga diperlukan, seperti loyang, pemotong, cetakan dan lain lain. Harga dari setiap mesin di atas bervariasi tergantung dari merknya, sebagai gambaran harganya antara 6 jutaan sampai 15 jutaan. Sampai-sampai kalau Anda ingin secara lengkap memiliki semua mesin produksi roti ini, modal yang harus dipersiapkan antara 30 sampai 50 jutaan.

Bisa dibilang cukup gede modal yang diperlukan, tapi jangan dahulu pesimis bila modal bisnis pembuatan roti rumahan Anda tidak mencapai angka di atas. Contoh yang kami informasikan di atas cuma sebagai perkiraan biaya yang diperlukan untuk memiliki mesin pembuatan roti yang bagus.

Walau sebenarnya Anda bisa saja membuka bisnis ini cukup dengan cara lama yang bermodalkan oven roti saja, sementara peralatan lain dapat memanfaatkan peralatan yang biasanya sudah ada seperti mixer dan peralatan lainnya. Karena pada dasarnya mesin-mesin di atas hanya berfungsi untuk membantu mempersingkat proses produksi walaupun nantinya mesin ini tetap dibutuhkan kalau kapasitas produksi roti Anda sudah mencapai batasnya karena permintaan pasar lumayan besar.

0 komentar:

Post a Comment