Cara Sangrai kopi dengan cara sederhana dan murah

Written By si jenggot on Wednesday, June 8, 2016 | 1:57 PM


Sangrai, merupakan proses pematangan suatu makanan / bahan makanan dengan metode pemanasan kering hingga teksturnya dan kandungannya berubah. Biji kopi merupakan salah satu bahan baku minuman yang paling banyak di gemari. Biji ini di hasilkan dari tanaman kopi yang telah panen, sayangnya meskipun telah panen..biji kopi lantas tidak bisa langsung di olah dan di nikmati. Ketika posisi panen meski biji kopi telah tumbuh dengan sempurna, namun kandungan di dalamnya relative masih mentah. Cairan dan lender yang terdapat dalam biji kopi haruslah di hilangkan dan di bersihkan terlebih dahulu.




Menyangrai biji kopi sendiri sudah sangat lumrah di kalangan para pencinta kopi. Dengan begini para coffee lover bisa menentukan apakah cita rasa kopi yang di sangria tetap terjaga atau malah berubah rasa. Anda pun bisa mencoba menyangrai biji kopi sendiri di rumah. Bahan dan mesin sangrai kopi cukup mudah di dapat, apa saja itu?

·         Bahan : Biji kopi pilihan yang merupakan hasil panen
·         Alat : Tungku,Kuali dari baja dan Sendok kayu / Mesin sangrai kopi

Cara penyangraian nya sendiri sangat sederhana, layaknya memasak di atas kuali anda tinggal memasukan biji kopi yang telah panen ke dalam kuali. Adapun bagian yang tersulit adalah mengontrol besarnya api yang di gunakan. Terlebih lagi dalam kondisi itu anda harus melakukan pengadukan setiap saat pada biji kopi tersebut. Hal ini di maksudkan agar biji kopi yang ada di dalam kuali dapat matang dengan sempurna.

Sebisa mungkin, menyangrai kopi jangan terlalu gosong. Jika terlalu gosong maka citra rasa pait khas kopi nya akan menjadi cita rasa pait karena gosong. Biasanya kalau kopi sudah matang sempurna akan keluar aroma khas kopi pada asapnya.Setelah kopi masak lalu pindahkan koi ke dalam wajan lain dan tetap disangrai aduk hingga biji kopi tidak panas lagi.

Ketika semua step di atas slesai di lakukan maka saat ini anda tinggal menyediaan beberapa alat pentin lainnya seperti Coffe Grinder & Coffe Press. Banyak nya tool tentu tergantung dengan kebutuhan anda sendiri. Yang jelas pada saat proses penyangraian biji kopi tidak di anjurkan untuk menggunakan api besar, kecil pun haruslah sesuai kebutuhan. Karena apabila salah, cita rasa pahit dari biji kopi akan hilang, dan berganti dengan rasa gosong dari proses pembakaran

Jika step di atas terlalu rumit untuk anda, makan di sarankan anda membeli mesin sangria kopi rumahan. Mesin Sangrai Kopi ini amat mudah di gunakan, karena metode kerjanya sama seperti yang di lakukan secara manual.

0 komentar:

Post a Comment